Advertisement

Top online courses in IT & Software

Sejarah Microsoft Excel

 

 

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang dirilis oleh Microsoft pada tahun 1982. Aplikasi ini dibuat secara khusus untuk pengolahan data. Microsoft Excel memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik. Seiring dengan perkembangan di dunia data dan informasi, Microsoft Excel berhasil mengambil tempat sebagai tools sederhana tapi powerful yang bisa digunakan untuk menganalisis data.

Pada awal rilis, nama Excel menimbulkan kontroversi dan tuntutan dari berbagai perusahaan-perusahaan finansial yang sudah menjual aplikasi serupa dengan nama Excel. Microsoft kalah dalam tuntutan tersebut dan pada akhirnya mengambil jalan tengah yaitu menambahkan kata "Microsoft" sehingga jadilah "Microsoft Excel". Setelah kejadian itu, perusahaan Microsoft membeli aplikasi Excel dari perusahaan yang menuntut mereka sebelumnya. Microsoft melakukan hal ini agar nama Excel tidak lagi menimbulkan masalah di masa depan. 

Baca juga : Bagian-bagian Microsoft Excel

Salah satu kelebihan Excel adalah program spreadsheet pertama yang memudahkan pengguna (user) menentukan tampilan area kerja sesuai keinginan seperti : kata (font), karakter, grafik, dan tampilan setiap sel. Selain dari segi tampilan, Excel juga menawarkan perhitungan cerdas, sehingga jika ada perubahan nilai pada satu sel hanya sel-sel berkaitan yang akan diperbarui nilainya. Dengan kata lain, pengguna tidak perlu menghitung ulang semua data jika ada nilai pada satu sel yang berubah.

Pada tahun 1993, Excel dikelompokkan bersama aplikasi lain Microsoft dengan nama Microsoft Office. Aplikasi-aplikasi lain yang dikelompokkan bersama Excel adalah Microsoft Word (pengolah kata) dan Microsoft PowerPoint (khusus presentasi). Oleh karena itu, Microsoft mendesain ulang tampilan Excel agar sesuai dengan Word dan PowerPoint.



Pada tahun yang sama juga, Excel telah memiliki bahasa pemrograman sendiri yaitu Visual Basic for Application (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Kegunaan VBA adalah mengotomatisasi pekerjaan. Pekerjaan yang dimaksud adalah pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang dan pekerjaan yang kompleks.

Hingga tahun 2019, Microsoft telah merilis Excel dengan versi Excel 2019 (Excel 17) yang hanya bisa dioperasikan di sistem operasi Windows 10 dan berada di naungan Microsoft Office 2019 & Office 365.


Inilah sejarah singkat Microsoft Excel. Pada awalnya ada yang mempermasalahkan namanya, siapa sangka sekarang menjadi aplikasi powerful yang patut diperhitungkan di bidang analisis data.

Sampai disini catatan belajar kali ini. Jika catatan ini berguna, jangan lupa bagikan di media sosial kalian. Jangan lupa follow media sosial Course Notebook agar tahu informasi selanjutnya. Terima kasih.



Posting Komentar

0 Komentar