Advertisement

Top online courses in IT & Software

2 Skills Utama Seorang Data Analyst

 


Zaman sekarang banyak lowongan pekerjaan yang dibuka untuk posisi data analyst dengan berbagai persyaratan umum maupun khusus. Persyaratan khusus yang sering sekali ditemui adalah memiliki skill atau keterampilan tertentu untuk menunjang pekerjaan. 

Career Track : Data Analyst With DQLab Part 1

Kita semua tentu pernah mendengar istilah hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan spesifik yang bisa dibuktikan secara fisik sedangkan soft skill lebih merujuk pada kepribadian atau pembawaan setiap individu yang terwujud dalam interaksi kita dengan orang lain. Pada artikel kali ini, Tukang Catat sudah merangkum beberapa skill dimiliki oleh seorang data analyst.

Soft Skill

  • Rasa ingin tahu yang besar.
                Orang yang selalu ingin tahu selalu mencari tantangan dan pengalaman baru yang akan                     memberikan pengetahuan baru. 
  • Memahami konteks data
                Kita harus memiliki kemampuan untuk mengelompokkan berbagai hal ke dalam konteks                 yang benar. 
  • Pola pikir teknis
                Kemampuan untuk memecahkan permasalahan kompleks ke dalam bentuk yang lebih                     sederhana.
  • Berpikir analitis, kritis, dan kreatif
                Seorang data analyst harus mampu menyatukan, menciptakan, dan menerapkan ide-ide baru.
  • Kemampuan komunikasi yang baik
                 Data analyst harus mampu menjabarkan hasil penemuannya dari proses analisis data kepada          orang lain khususnya kepada orang yang akan menggunakan hasil tersebut untuk memecahkan             masalah.

Hard Skill

  • Matematika dan Statistika
                Kita berurusan dengan data jadi matematika dan statistika akan mengambil peran utama.                 Tukang catat menempatkan skill ini di urutan pertama karena memang sebelum mempelajari                 bahasa pemrograman alangkah baiknya kita mempelajari matematikan dan statistika.
  • Bahasa Pemrograman
                Untuk mengolah data yang begitu banyak kita membutuhkan sebuah alat bantu yang                         berbentuk program perangkat lunak komputer. Kita harus mempelajari cara menggunakannya                 dengan cara mengetahui syntax atau bahasa pemrograman. Contoh bahasa pemrograman adalah R          dan Python. Mungkin untuk data analyst pemula kita bisa memulainya dengan mempelajari                     Microsoft Excel dari level dasar sampai lanjutan.
    
        Baca juga : 6 Aplikasi Data Untuk Data Analyst
  • Database
                Database atau basis data adalah kumpulan data yang akan dikelola dengan ketentuan tertentu            untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan. Database berisi kumpulan tabel yang saling                   terhubung (kolom yang sama). Mempelajari konsep database akan melatih cara berpikir kita                   sehingga mampu memecahkan persoalan yang kompleks secara efektif dan efisien.

Jika seorang data analyst memiliki skills yang telah disebutkan, maka dia akan mampu membuat sebuah data strategy untuk menganalisis kumpulan data. Data strategy adalah pengelolaan orang, proses, dan alat yang digunakan dalam analisis data. 


Sekian artikel kali ini yang membahas tentang skill yang harus dimiliki seorang data analyst. Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Artikel ini sangat menarik. Agar bisa menambah wawasan, saya rekomendasikan artikel berikut ini : https://fst.unair.ac.id/mengenal-data-analysis-di-era-industri-4-0/

    BalasHapus
  2. Artikel deskriptif yg cukup menarik. Kita dipaparkan ttg jenis skill yg dapat kita kembangkan kedepan & menunjang kinerja kita sbg "analisis data"

    BalasHapus