Advertisement

Top online courses in IT & Software

Visualisasi Data Jadi Lebih Insightful Dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)

ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)
Sumber foto : ASUS 

Seperti yang sudah Tukang Catat bahas pada artikel-artikel sebelumnya, salah satu proses penting dari analisis data adalah visualisasi data. Proses ini berhubungan erat dengan penyajian insight atau pandangan yang didapat dari proses analisis. 

Proses visualisasi sangat penting untuk pengambilan keputusan bagi keberlangsungan bisnis. Visualisasi data adalah proses mempresentasikan hasil analisis data dalam bentuk dashboard dan infografis untuk memberikan insight bagi para pengambil keputusan. Seorang Data Analyst harus pintar menyajikan visualisasi yang tepat agar bisa dimengerti oleh orang lain. 

ASUS resmi meluncurkan produk terbaru yaitu ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. 

Ada berbagai fitur unik dari laptop ini yang bisa membantu pekerjaan data analyst khususnya saat presentasi visualisasi data data. Pada artikel kali ini Tukang Catat akan merekomendasikan sebuah laptop dari ASUS yang bisa menjawab kebutuhan para Data Analyst. 

Let’s check it out!

Layar Touch Screen Yang Jernih Dengan Teknologi Layar 4K OLED HDR

Sumber foto : IG ASUS Indonesia @asusid

Layar laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) didukung oleh teknologi OLED dengan palet warna terbaik di kelasnya. Teknologi ini mereproduksi warna dengan nilai color depth mencapai 1,07 miliar warna. Resolusi layar laptop mencapai 2.8K (2880 X 1800) dan rasio layar 16:10 memungkinkan hasil visualisasi data ditampilakan dengan jelas dan jernih.


Meskipun layar laptop sangat jernih dengan resolusi yang tinggi tapi jangan khawatir dengan bahaya radiasi blue light. Layar OLED dapat mengurangi intensitas blue light berbahaya hingga 70% dibandingkan layar LCD. Hal ini menjadikannya aman mata Anda untuk mengurangi risiko kerusakan retina. Mata jadi tidak cepat lelah saat menganalisis data yang banyak.


Tidak sampai disitu, response time layar ASUS OLED hanya membutuhkan waktu 0,2 ms. Response time pada sebuah layar adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengganti satu warna dengan warna yang lain. Semakin cepat waktu transisinya, semakin baik kualitas gerakan gambar yang dihasilkan.


Tingkatkan Pengalaman Teknologimu dengan Fitur ScreenPad

Sumber foto : IG ASUS Indonesia @asusid

Selain layar yang jernih, ada satu fitur yang sangat menarik yaitu Screenpad. Yup! Sekarang touchpad pada laptop bukan hanya bidang sentuh untuk memindahkan kursor atau klak klik saja. ASUS menambahkan pemanis tambahan yaitu ScreenPadTM 2.0

Fitur ScreenPadTM 2.0 pada laptop ini meningkatkan pengalaman pengguna dengan penambahan layar sentuh sekunder yang interaktif. Screenpad ini berukuran 5,65 inci, dan Anda dapat dengan mudah menambahkan aplikasi untuk akses instan. 

Ada beberapa aplikasi utilitas ASUS yang bisa diakses menggunakan ScreenPad. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain :

  • App Switcher
  • Mode Switch
  • Add Apps
  • App Navigator
  • Task Group
  • Phone Call
  • Handwriting
  • Number Key

Anti Ngadat untuk Data Analyst yang Multitasking

Layar dan fitur screenpad saja sangat menarik tapi bagaimana dengan performa laptopnya? Apakah insiden ngadat akan mewarnai hari-hari data analyst? Eitss, kata ngadat tidak ada dalam kamus pengguna laptop ini. Selain dua fitur yang sudah dibahas sebelumnya, simak spesifikasi umum laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) berikut ini :
Sumber foto : asus.com
Silahkan bandingkan sendiri spesifikasinya dengan kapasitas dan tujuan pemakaian laptop. Menurut Tukang Catat, spesifikasi laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sangat cocok digunakan oleh Data Analyst.

Kreasikan Ide Dimanapun

Sumber foto : IG ASUS Indonesia @asusid

Desain laptop sudah disesuaikan untuk mendampingi aktivitas Anda karena memiliki body yang tipis dan ringan. Memiliki ketebalan 16,99 mm dan  berat hanya 1,4 kg laptop ini bersifat portable dan serbaguna. Ada berbagai port I/O yang lengkap untuk mendukung konektivitas berupa fast charging, transfer data hingga 40 Gbps, layar eksternal 4K UHD, dan lain-lain.


Sumber foto : IG ASUS Indonesia @asusid

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan engsel ErgoLift yang memberikan posisi ideal untuk mengetik. Hal ini juga berfungsi untuk mengoptimalkan sirkulasi udara di bawah laptop dan meningkatkan kualitas suara. Berkat engsel ErgoLift layar laptop dapat dibuka hingga 1800 dan mempermudah saat presentasi dengan klien. 


Sumber foto : asus.com

Laptop ini tersedia dalam dua warna yaitu Pine Grey dan Lilac Mist. Kedua warna tersebut menghadirkan kesan profesionalisme dan kemewahan kelas atas. Pilih warna yang sesuai dengan karakter Anda.


Data Storytelling Tanpa Bising

Sumber foto : asus.com

Para pekerja remote working yang sering meeting online pasti akrab dengan gangguan suara dari luar. Saat Anda berbicara pada forum meeting online, akan ada suara-suara lain seperti anjing menggonggong, bayi menangis, dan suara bising lainnya. Dengan fitur AI noise-cancelling masalah tersebut bisa diatasi.


Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah dilengkapi dengan AI noise-canceling audio yang membantu mengisolasi kebisingan yang tidak diinginkan saat meeting berlangsung. Fitur ClearVoice Mic dapat diaktifkan di aplikasi MyASUS dapat menyaring kebisingan di sekitar, dan menormalkan semua suara individu.


Untuk para Data Analyst, pastikan kegiatan data storytelling saat presentasi data tidak terhambat dengan suara bising dari lingkungan luar. Fitur ClearVoice Mic pada laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) bisa menjadi penolong yang ampuh.


Lolos Uji Kelayakan dan Bersertifikasi Kemiliteran 


Sumber foto : asus.com

Laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah lulus serangkaian pengujian yaitu uji kelembaban, tes ketinggian, uji getaran, dan uji suhu. Serangkain tes tersebut dilakukan untuk memenuhi standar militer AS MIL-STD-810H yang sangat menuntut untuk keandalan dan daya tahan.


Standar militer AS MIL-STD-810H adalah standar militer yang dikembangkan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat yang fokus untuk menadaptasi desain dan ketahanan peralatan militer pada semua kemungkinan kondisi yang dialami saat peralatan dipakai.


Banyak Review Positif dan penghargaan


Setelah meninjau berbagai kecanggihan laptop ini jangan pesimis bahwa semua itu hanyalah sekedar klaim belaka. Laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) sudah meraih banyak penghargaan bergengsi dari segi desain hingga teknologi yang ada pada laptop tersebut.


Selain meraih banyak penghargaan, laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) juga mendapatkan ulasan dan review positif dari berbagai media.


Sumber foto : asus.com

Kesimpulan


Dengan dirilisnya laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) membuktikan bahwa ASUS berhasil memadupadankan teknologi dengan baik. Banyak fitur-fitur canggih yang bisa membantu meningkatkan produktivitas khususnya untuk para praktisi data. Jobdesc seorang data analyst akan berhadapan dengan komputasi pengolahan data yang banyak. Mulai dari mengumpulkan, mengolah, dan visualisasi data.


Visualisasi data berkaitan erat dengan gambar-gambar grafik berwarna yang memiliki makna dan arti masing-masing. Selain itu, visualisasi data juga merupakan proses akhir yang menjadi indikator apakah proses analisis data berjalan dengan baik atau tidak. Oleh karena itu, jangan sampai terjadi insiden karena kesalahan teknis berupa error pada perangkat keras.


Secara keseluruhan laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) berhasil memenuhi syarat spesifikasi minimum untuk dipakai seorang Data Analyst.


Honestly, Tukang Catat has fallen in love with the OLED display, AI noise-cancelling, and ScreenPad features.


Akhir kata, dapatkan visualisasi data yang lebih insightful dengan Laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400) dan kumpulkan wawasan data sebanyak-banyaknya.


Untuk informasi selengkapnya tentang spesifikasi laptop, ulasan, dan dukungan bisa dicek pada link ini : ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Anda juga bisa melihat langsung tampilan laptop secara 3D dengan teknologi augmented reality pada link ini : Web AR Zenbook 14X OLED.


Terima kasih telah membaca artikel kali ini tentang Laptop ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400). Tambahkan komentar jika masih ada yang ingin ditanyakan. Jangan lupa share ke media sosial sebagai pengetahuan baru untuk orang lain. See you! :)



Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com.


Referensi :

Situs Resmi ASUS Zenbook-14X-OLED-UX5400-11th-Gen-Intel

Youtube Video : ScreenPad Lives on: ASUS Zenbook 14X OLED UX5400E Review by Tech Critter

 

Posting Komentar

0 Komentar