Advertisement

Top online courses in IT & Software

'Good Money Habits’ Untuk Bisnis Go Digital


Tanpa terasa, pandemi sudah berlangsung selama 3 tahun. Ada banyak suka dan duka yang kita alami dalam rentang waktu tersebut. Salah satu sektor yang paling merasakan dampak pandemi adalah sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Banyak hambatan yang menghalangi perkembangan bisnis dari berbagai bidang perusahaan yaitu marketing, human resource, dan lain-lain. 

Manusia pada hakikatnya memiliki daya juang yang tinggi didukung dengan kreativitas yang mumpuni. Selain itu, perkembangan dunia teknologi saat ini bukanlah hal yang bisa dipandang sebelah mata. Ada banyak hal baik yang terjadi jika kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan baik. Aksi kreatif manusia dalam pemanfaatan dunia teknologi melahirkan sebuah istilah baru yaitu Go Digital

Istilah Go Digital muncul setelah maraknya pembahasan tentang konsep digitalisasi. Konsep tersebut menjamur di berbagai bidang yaitu ekonomi-bisnis, kesehatan, pemerintahan, dll. Go digital pada bisnis adalah proses mengadaptasikan teknologi digital untuk membantu meningkatkan jangkauan bisnis dan meningkatkan brand awareness. Satu hal yang pasti, Go Digital bukan hanya muncul sebagai pilihan peluang dan solusi melainkan juga tuntutan dunia bisnis. 

Ketika seorang pegiat bisnis memutuskan untuk mulai go digital, berarti harus siap menghadapi segudang konsekuensi. Konsekuensi yang paling utama adalah pergerakan informasi yang terjadi secara cepat dan persaingan yang ketat. Untuk itulah diperlukan persiapan matang dan menyeluruh khususnya dari bagian keuangan.  

Keuangan bisnis yang sehat akan sangat berguna bagi kelangsungan bisnis. Business owner akan lebih gampang mengambil keputusan karena data keuangan yang lengkap. Untuk itulah diperlukan kebiasan-kebiasan baik yang harus dilakukan oleh business owner pemula agar terbiasa dan terarah dalam mengatur keuangan. 

Pengertian Money Habit 

Sumber foto : Pepi Stojanovski on Unsplash

Money habit adalah tindakan-tindakan rutin pengelolaan uang yang dilakukan berulang kali agar tidak mudah dilupakan. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan bukan hanya untuk mengelola keuangan pribadi, tetapi akan sangat berguna jika diterapkan pada bisnis.  

Ada dua jenis money habit yaitu good money habit dan toxic money habit. Dari namanya saja sudah jelas kita harus menghindari yang namanya toxic money habit. Sebaliknya, kita harus mempertahankan good money habit agar keuangan bisnis tidak kacau dan berakibat fatal bagi bisnis. 

Good money habit adalah istilah yang menggambarkan kebiasaan baik dan bijak dalam penggunaan dan pengaturan keuangan.  Untuk melakukan good money habit, dibutuhkan mindset atau pola pikir maju agar kita menjadi bijak khususnya dalam mengelola keuangan bisnis.  

Pada artikel ini, Tukang Catat akan membagikan beberapa kebiasaan baik yang bisa diterapkan untuk meraih sistem keuangan bisnis yang lebih sehat. Let’s check it out! 

6 Kebiasaan Baik Untuk Mengelola Uang 


Buat Rencana Bisnis (Business Plan) 

Business plan adalah sebuah dokumen yang berisi rancangan, gambaran, dan perhitungan dalam memulai sebuah usaha baru. Sebuah dokumen rencana bisnis harus dalam bentuk tertulis agar bisa diakses oleh karyawan, investor, bank, dan pemerintah. 

Business plan yang baik dihasilkan dari riset lengkap tentang unsur eksternal dan internal yang relevan dengan bisnis. Selain mendokumentasikan hasil riset, business plan juga berisi visi, misi, dan tujuan bisnis. Jangan lupa juga catat semua transaksi keuangan dan uraikan dengan jelas strategi apa yang dijalankan baik itu dari segi produksi dan pemasaran. 

Sederhananya, dokumen business plan bisa disebut sebagai business’ magic book. Tuangkan semua cita-cita, harapan, dan strategi yang akan menghantarkan bisnis pada kesuksesan. 

Lakukan Pencatatan Keuangan Secara Berkala 

Pencatatan keuangan merupakan proses bisnis yang dilakukan untuk mencatat setiap aktivitas  transaksi dalam periode waktu tertentu. Catatan keuangan yang lengkap dan rapi bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan jika nanti ingin mengajukan kerja sama dengan investor.  

Selain itu, ada banyak manfaat lain jika kita disiplin dalam melakukan pencatatan keuangan yaitu dapat digunakan sebagai acuan evaluasi bisnis. Kegiatan evaluasi bisnis yang berdasar pada sumber yang benar akan menghasilkan keputusan yang baik dan acuan untuk inovasi. 

Pisahkan Rekening Bisnis dan Pribadi 

Hanya sekedar saran tapi sebaiknya dilakukan. Pemilik bisnis harus mempunyai minimal 4 rekening bank yang diperuntukkan sesuai tujuannya masing-masing. Dengan memisahkan jenis rekening, kamu bisa lebih gampang melacak aktivitas keuangan bisnis dan tidak ada pengeluaran lain yang mengatasnamakan kebutuhan pribadi. 

Jika seorang pebisnis tidak memisahkan rekening bisnis dan pribadi, maka akan jadi bencana untuk kelangsungan bisnis. Transaksi keuangan susah dilacak dan bisa jadi modal pokok untuk bisnis akan terpakai untuk membiayai kebutuhan pribadi.  

Waktu Gajian Jangan Sampe Lewat 

Mengacu pada habit sebelumnya, menggaji diri sendiri sebagai pemilik bisnis juga sangat penting. Meskipun menjalankan bisnis dimana kamu bertindak sebagai bos dan karyawan sekaligus, jangan lupa untuk membayar gaji pada dirimu sendiri. Setelah mengalami segala kesusahan dan rasa lelah yang besar karena mengelola bisnis, tidak ada salahnya kamu menggaji dirimu sendiri.  

Anggap saja sebagai latihan untuk masa depan nanti kamu memiliki karyawan. Dengan menggaji dirimu sendiri, kamu juga memiliki batasan agar tidak menggunakan keuangan bisnis untuk berbelanja kebutuhan pribadi. 

Jangan Lupa Bayar Pajak! 

Jadi warga negara yang baik dengan taat membayar pajak. Jika kita membayar pajak tepat waktu, secara tidak langsung kita terlibat dalam membangun bangsa. Selain itu, pengusaha mudah mendapat pinjaman dana jika  terdaftar sebagai warga negara yang taat membayar pajak.  

Ketaatan dalam membayar pajak juga menjadi indikator penanda apakah keuangan bisnis sebuah perusahaan sehat atau tidak. Jika seorang pengusaha tidak mau atau lupa membayar pajak, maka bisnisnya mempunyai sistem keuangan yang kurang baik. Hal ini dapat mengurangi kredibilitas dan profesionalitas di hadapan konsumen. 

Lakukan Evaluasi Tahunan 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), evaluasi memiliki arti lain yaitu penilaian. Evaluasi adalah suatu proses penilaian yang ditujukan untuk menilai individu atau kegiatan yang sudah berlangsung.  Tujuan dilakukan evaluasi adalah untuk menilai jarak antara kinerjamu dan big goal yang sudah ditetapkan pada awal tahun.  

Dengan melakukan evaluasi tahunan, seorang pebisnis akan memiliki gambaran yang jelas tentang realisasi pada masa lalu. Selain itu, evaluasi tahunan juga bisa membantu pebisnis untuk membuat keputusan yang baik pada masa depan. 

Magic Software Penunjang Good Money Habits

Totalnya ada 6 kebiasaan baik yang harus dilakukan mulai sekarang agar bisnismu bisa bersaing di panggung Go Digital. Memulai hal baik mungkin terasa mudah tetapi mempertahankannya adalah sesuatu yang sulit. Tapi jangan khawatir karena sekarang kecanggihan teknologi akan sangat membantu. Hanya satu syarat utama yang harus kita penuhi yaitu “Jangan Gaptek!”. Pelajari tren terkini dan maksimalkan penggunaan teknologi. 

Sekarang, ada aplikasi bisnis yang bisa menunjang pelaksanaan good money habits biar tidak gagal di tengah jalan. Perkenalkan, ini dia software akuntansi lengkap  hasil karya anak bangsa yang bernama Accurate Online

Sumber foto : accurate.id

Accurate Online adalah software akuntansi cloud yang memberikan solusi bagi UMKM dan para pebisnis di Indonesia. Software ini dikembangkan oleh CPSSoft dengan tujuan untuk membantu pencatatan keuangan bagi UMKM dan perusahaan dengan bentuk apapun.

Sudah jadi rahasia umum bahwa masih banyak pebisnis yang mengalami kesulitan mengurusi laporan keuangan. Detail dan perhitungan yang ada dalam buku akuntansi sering mengalami error sehingga laporan keuangan akan menampilkan hasil yang salah. 

Accurate Online membantu meringkas berbagai pencatatan keuangan yang dialami pemilik bisnis agar bisa dilihat dalam bentuk laporan keuangan. Terdapat lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional dapat dihasilkan secara instan kapanpun dan dimanapun laporan tersebut dibutuhkan.


Sumber foto : accurate.id

Tapi jangan salah, aplikasi Accurate Online lebih dari sekedar aplikasi pencatatan keuangan. Ada banyak fitur lengkap yang bisa dipakai membantu biar bisnis jadi lebih efisien. Bahkan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur backup otomatis dan keamanan data setara aplikasi perbankan. Jadi, tidak ada lagi kejadian data hilang atau kebobolan hacker. 

Sumber foto : accurate.id

Accurate Online adalah pilihan tepat untuk menunjang good money habits untuk bersaing di panggung Go Digital. Hal ini bukan hanya sekedar klaim belaka. Sudah lebih dari 100,000 UMKM hingga perusahaan besar telah menggunakan Accurate Online. Selama 4 tahun berturut-turut Accurate Online berhasil memenangkan penghargaan Top Brand Award. Fitur yang lengkap karena terdapat 10 kategori fitur yang bisa dinikmati oleh pengguna software akuntansi ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur-fitur andalan Accurate Online bisa dibaca pada link ini.

Jadi, siapa bilang memulai dan mempertahankan good money habits untuk bisnis itu susah. Dengan aplikasi Accurate Online semua jadi lebih mudah. Ayo, upgrade bisnismu bersama Accurate Online biar kamu #bisasantaideh! 

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Sekarang sudah mulai banyak yaa platform yang memudahkan bisnis kita. Kereen! Bisa dicoba nanti untuk kedepannya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Kak :) Tukang Catat senang karena Kakak merasa terbantu dengan artikel ini.

      Hapus
  2. Wow keren banget kak. Ini bentuknya app hp or installed di komp? Bisa sampai Neraca L/R?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Accurate Online bisa dipakai di semua device dengan sistem operasi android, windows, dan Mac OS. Accurate id juga menyediakan hardware penunjang untuk bisnis :)

      Untuk Neraca L/R juga ada dong... Fitur tersebut termasuk dalam kelompok fitur buku besar.

      Hapus
  3. wah lengkap sekali fitur di aplikasi accurate online ini. apalagi bisa diakses dari semua device. makin gampang untuk menggunakannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia Kak. Memang aplikasi Accurate online sangat lengkap dengan 10 kategori fitur :)

      Hapus
  4. pengelolaan uang pribadi aja aku masih acak kadut dan malas. padahal aplikasi macam begini sudah banyak. tetep aja masih suka nggak disiplin. kebetulan aku ada usaha laundry. Kalau menggunaka aplikasi ini kayaknya bisa membantu deh. aman nggak sih sebenarnya pakai aplikasi begini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman Kak :)
      Data keuangan kita dilindungi dengan sistem keamanan enkripsi setara perbankan.

      Hapus
  5. saya tertarik dengan artikel yang bisa membantu saya mengarahkan pengelolaan dana seperti, apalgi kedepannya saya akan mencoba membangun beberapa jenis usaha bisnis..

    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba Kak. Bisa langsung klik link ini https://accurate.id/
      Aplikasinya sudah disesuaikan jadi bisa dipakai untuk UMKM dan pengusaha pemula. Ada coba gratis aplikasi selama 30 hari.

      Hapus
  6. Wah kalau kayak gini biar di rekomendasikan ke ibu, kalau ngitung laba dan stok barang biar nggak keteteran kertasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap Kak :)
      Ada lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional dapat dilihat secara instan, kapan pun Kakak butuhkan.

      Hapus
  7. wa mantap nih softwarenya, ga hanya pencatat keuangan saja, memudahkan pemula yang baru memulai bisnis, terima kasih infonya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Kak. Semoga artikelnya membantu :)

      Hapus
  8. wahhh. bagus yaa aplikasinya. saya ga punya bisnis sih. kira2 kalo untuk pengeluaran pribadi personal doan apa bisa pakai ini mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Accurate online memang aplikasi keuangan yang oke banget. Sayangnya untuk saat ini aplikasi Accurate online hanya tersedia untuk kepentingan bisnis. Semoga di masa depan pihak developer yaitu CPSSoft bisa mengembangkan aplikasi keuangan lain untuk kepentingan personal.

      Hapus