Advertisement

Top online courses in IT & Software

Infografis : Pengertian, Komponen, Tipe, Dan Aplikasi

Infografis : Pengertian, Komponen, Tipe, Dan Aplikasi

Manusia pada dasarnya adalah makhluk visual. Hal ini bukan hanya sekedar dugaan, tetapi sudah terbukti dari zaman dahulu. Masyarakat primitif melakukan komunikasi dan meninggalkan jejak kehidupan berupa potongan gambar yang diletakkan di dinding gua. Kemudian, peradaban menciptakan hieroglif dan simbol visual untuk huruf dan angka, memberikan kode untuk mengatur komunikasi mereka. Intinya, manusia terlebih dahulu bisa menggambar daripada menulis.

Hingga saat ini terdapat banyak jenis media visual salah satunya adalah infografis. Pada artikel ini, Tukang Catat akan memaparkan tentang infografis. Let’s check it out!

Daftar Isi

Pengertian Infografis

Infografis adalah salah satu bentuk visualisasi data yang memberikan ringkasan dan representasi singkat dalam bentuk animasi gambar, teks, dan angka. Infografis bisa menunjukkan cara-cara yang ringkas dalam melihat data dan angka dan informasi. Anda dapat mengemas cukup banyak informasi berharga dalam konten yang kecil, menarik, dan menghibur.

Infografis yang bagus mengarahkan pembaca pada perjalanan visual, menceritakan sebuah kisah kepada mereka di sepanjang jalan. Infografis yang kuat mampu menarik perhatian orang dalam beberapa detik pertama dengan judul dan gambar visual yang kuat, dan kemudian menarik mereka untuk mencerna seluruh pesan. Infografis telah menjadi cara efektif untuk berbicara atas nama pencipta, menyampaikan informasi dan gambar secara bersamaan.

Baca juga : Visualisasi Data Dengan Grafik

Komponen Penyusun Infografis

Untuk membuat infografis yang baik dan benar, kita harus melengkapi infografis tersebut dengan komponen berikut ini yaitu :

Komponen Infografis
  1. Judul
  2. Sub Judul
  3. Highlight judul bagian-bagian kecil
  4. Gambar (Ikon, peta, angka, dan simbol)
  5. Penjelasan singkat
  6. Sumber

Tipe-Tipe Infografis

Terdapat banyak jenis infografis tetapi hanya terdapat 7 jenis yang populer saat ini yaitu :

  1. Timeline Infographics
  2. Timeline Infografis

    Kesulitan menghafal tahun-tahun penting dalam pelajaran sejarah? Ringkas saja dalam bentuk infografis agar lebih gampang diingat. Infografis jenis ini sangat ampuh untuk menggambarkan sejarah, menyoroti waktu-waktu penting, dan memberikan ikhtisar atau gambaran peristiwa.

  3. Geographic Infographics
  4. Geographic Infografis

    Infografis ini digunakan memvisualisasikan tampilan lokasi berdasarkan gambar peta dan informasi apa yang terkandung pada lokasi yang ditunjukkan oleh ikon.

  5. Comparison Infographics
  6. Comparison Infografis

    Sesuai dengan namanya, infografis ini digunakan untuk memberikan informasi tentang perbedaan dan perbandingan dua atau beberapa hal/benda.

  7. Process Infographics
  8. Proses Infografis

    Process infographics memberikan gambaran tentang langkah-langkah kerja dalam sebuah proses. Tampilan infografis akan diberikan penomoran dari langkah paling awal hingga akhir. Jika tidak memakai penomoran, maka bisa digunakan anak panah untuk mengarahkan langkah-langkah selanjutnya.

  9. Information Infographics
  10. Information Infografis

    Information infographics adalah infografis yang digunakan untuk menjabarkan sebuah topik tertentu, dalam bentuk grafis agar lebih gampang dicerna. Contoh penggunaan infografis ini adalah untuk tips dan trik, cara menggunakan sesuatu, dan menguraikan tentang sebuah benda.

  11. Statistical Infographics
  12. Statistical Infographics

    Infografis ini memiliki ciri khas yaitu menampilkan angka dan kombinasi grafik yang mencolok. Biasanya statistical infographic digunakan untuk memvisualisasikan hasil survey dan data dari banyak sumber.

  13. Hierarchical Infographics
  14. Hierarchical Infografis

    Infografis ini menampilkan gambar piramida untuk menjelaskan tentang urutan tingkatan sebuah benda atau topik tertentu.

  15. List Infographics
  16. List Infografis

    List infographics dibuat agar mempermudah audience membaca sebuah daftar tentang topik tertentu.

Aplikasi Untuk Membuat Infografis

  1. Adobe Photoshop
  2. Aplikasi ini mungkin sangat tidak asing lagi ditelinga mereka yang berkecimpung di dunia desain grafis.Aplikasi ini sudah sering menjadi senjata ampuh bagi mereka yang ingin berkreasi dengan produk-produk desain grafis.

    Adobe photoshop adalah aplikasi desain grafis yang bisa membantu pengguna untuk membuat atau mengedit gambar dengan manipulasi piksel.Hingga saat ini Adobe Photoshop telah menambahkan berbagai fitur yang semakin mempermudah para desainer.

  3. Adobe Illustrator
  4. Adobe illustrator dirilis pada tahun 1980an dan hingga sekarang sering menjadi standar umum dalam dunia desain grafis. Grafik yang dibuat di Illustrator mudah diubah ukurannya, yang membuatnya menarik untuk tampilan web. Fitur Illustrator memungkinkan Anda untuk memoles dan meningkatkan kreatifitas, membuat infografis yang Anda buat memiliki polesan tambahan dan daya tarik visual. Program berfitur lengkap dan tangguh ini mungkin tampak luar biasa dan sulit ditaklukan. Namun dengan beberapa latihan, Anda akan menyukai banyak fitur yang ramah pengguna.

  5. Canva
  6. Aplikasi Canva sangat populer seiring dengan berkembangnya dunia digital marketing. Canva menawarkan kemudahan menciptakan sebuah desain dengan bantuan template yang sudah dibuat oleh para kreator. Untuk membuat sebuah infografis, Anda tinggal memilih template yang sesuai dan edit sesuka Anda. Selain mengubah template yang sudah ada, Anda juga bisa membuat infografis dari nol. Aplikasi Canva sudah dilengkapi dengan fitur-fitur yang siap membantu pengguna mengkreasikan ide dan selera.

  7. Microsoft Office
  8. Aplikasi Office pada sistem operasi Microsoft sudah semakin berkembang dan dapat dipakai untuk membuat infografis. Sebagai contoh, pada aplikasi word disediakan menu insert SmartArt untuk membuat hierarchical infographic berupa susunan struktur organisasi.

    Selain itu, aplikasi office yang sedang populer untuk visualisasi dan presentasi data adalah aplikasi Microsoft Office PowerPoint. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur khususnya untuk animasi bahan presentasi.

  9. Infogr.am
  10. Sama halnya dengan aplikasi Canva, aplikasi ini juga menawarkan banyak template yang bisa langsung diedit sesuai dengan keperluan Anda. Anda dapat membagikan grafik dengan mengirimkannya langsung ke Facebook dan Twitter, atau menyalin kode sematan untuk menempelkan grafik ke situs web Anda. Grafiknya bersih dan dapat dibaca, warnanya dapat diedit, dan ada beberapa tema desain yang dapat dipilih. Setelah Anda mendaftar dan masuk ke situs, Anda akan menemukan antarmuka yang sangat mudah dinavigasi. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih tab Infographic atau tab Charts, memilih tema desain Anda, dan mulai.

  11. Easel.ly
  12. Easel.ly adalah aplikasi desain grafis online yang muncul dengan dua pilihan yaitu start a design dan hire designer. Easel.ly memiliki fungsi unggah yang memungkinkan Anda memuat gambar dari desktop Anda, sehingga Anda dapat bekerja di program lain dan mengunggah bagan statis ke tata letak Anda jika Anda memerlukan bagan. Untuk memulai, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Kemudian cukup masuk dan mulai bekerja. Antarmukanya sederhana. Semua elemen yang Anda butuhkan untuk bekerja ada di bagian atas.

  13. Creative Market
  14. Tidak seperti aplikasi lain yang memberikan template gratis dan berbayar, Creative market hanya menawarkan template berbayar. Ada banyak template yang bisa dibeli di situs ini yaitu infografis, template website, dan lain-lain. Untuk pembayarannya hanya tersedia melalui Paypal. Untuk pencarian template dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa filter sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda memiliki budget lebih, maka Anda bisa membeli template infografis dari situs ini.


Penutup

Tidak harus menjadi seorang desainer ahli untuk menciptakan sebuah infografis. Asalkan tahu dasar-dasar dan aturannya, kita juga bisa membuat sebuah infografis sesuai dengan kebutuhan, selera, dan kreatifitas.

Semoga artikel ini membantu kalian semua. Jangan lupa share dan komentar serta sampai jumpa di artikel selanjutnya. See you! :)

Dapatkan informasi terbaru terkait data dengan bergabung di grup telegram kami. Mari bergabung di Grup Telegram dengan cara klik tombol dibawah ini:

Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman lain di dalam grup terkait bidang data.

Posting Komentar

0 Komentar