Advertisement

Top online courses in IT & Software

7 Tools atau Aplikasi Analisis Data Yang Wajib Dipelajari Oleh Pemula

Dalam era digital saat ini, analisis data telah menjadi keterampilan yang sangat berharga dan diminati. Bagi pemula yang tertarik mempelajari analisis data, memilih alat yang tepat merupakan langkah penting. 

Dengan banyaknya pilihan alat yang tersedia, bisa menjadi tugas yang menantang untuk menentukan mana yang cocok untuk pemula. Artikel ini akan membahas tiga alat analisis data yang sangat sesuai bagi pemula yang ingin memulai perjalanan mereka dalam dunia analisis data. 


Berikut ini adalah rekomendasi tools yang wajib dipelajari oleh pemula yang ingin mempelejari data analysis yaitu:

Excel

Excel adalah spreadsheet yang sangat populer dan mudah digunakan. Ini menyediakan berbagai fungsi dan fitur yang berguna untuk analisis data, seperti filter, pivot table, grafik, dan rumus matematika. Excel juga merupakan alat yang baik untuk memulai dengan analisis data sebelum beralih ke alat yang lebih canggih.

Online Course:  Microsoft Excel - Data Analysis with Excel Pivot Tables icon

Google Sheets

Google Sheets adalah versi online dari spreadsheet yang mirip dengan Excel. Ini memungkinkan kolaborasi secara real-time dan menyediakan sejumlah add-on dan fungsi untuk analisis data.

Online Course:  Google Sheets - The Comprehensive Masterclass icon

SQL

SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola dan mengambil data dari basis data relasional. Meskipun tampak teknis, dasar-dasar SQL dapat dipelajari dengan cepat dan berguna untuk bekerja dengan data yang disimpan dalam database.

Online Course:  SQL for Data Analysis: Beginner MySQL Business Intelligence icon

Tableau Public

Tableau Public adalah alat visualisasi data yang populer dan gratis. Ini memungkinkan Anda untuk membuat grafik dan visualisasi yang menarik dengan sedikit atau tanpa pengetahuan pemrograman. Anda juga dapat berbagi visualisasi Anda dengan publik melalui platform Tableau Public.

Online Course:  Tableau Certified Data Analyst: Top Exam Prep Course icon

Power BI

Power BI adalah alat visualisasi data yang dikembangkan oleh Microsoft. Ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, serta membuat visualisasi yang interaktif dan informatif. Power BI juga menyediakan kemampuan kolaborasi dan berbagi laporan dengan tim Anda.

Online Course:  Microsoft Power BI Desktop for Business Intelligence (2023) icon

Google Data Studio

Google Data Studio adalah alat visualisasi data gratis yang memungkinkan Anda membuat laporan dan dashboard yang dinamis. Anda dapat menggabungkan data dari berbagai sumber dan menyajikannya dalam bentuk grafik, tabel, dan metrik lainnya.

Online Course:  Complete Introduction to Google/Looker Data Studio 2023 icon

Python dengan Pandas dan Matplotlib

Python adalah bahasa pemrograman populer untuk analisis data. Dengan menggunakan pustaka Pandas dan Matplotlib, Anda dapat memanipulasi data, melakukan analisis, dan membuat visualisasi yang kaya. Python juga memiliki lingkungan pengembangan yang ramah pemula seperti Jupyter Notebook.

Online Course:  Data Analysis with Pandas and Python icon

Pemilihan alat tergantung pada preferensi pribadi, tujuan belajar, dan jenis pekerjaan yang ingin Anda lakukan dalam analisis data. Penting untuk mulai dengan satu atau dua alat yang Anda merasa nyaman dan secara bertahap memperluas pengetahuan dan keterampilan Anda.

Dapatkan informasi terbaru terkait data dengan bergabung di grup telegram kami. Mari bergabung di Grup Telegram dengan cara klik tombol dibawah ini:

Kamu juga bisa berdiskusi dengan teman-teman lain di dalam grup terkait bidang data.

Posting Komentar

0 Komentar