Advertisement

Top online courses in IT & Software

Nikmati Proses Inovasi dan Belajar Seumur Hidup Dengan ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Sudah menjadi impian setiap orang untuk mendapatkan uang dari kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. 

Salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang adalah beternak. Hal ini juga dialami oleh seorang peternak ayam pedaging yang bernama Pak David. 

Beliau adalah seorang peternak ayam potong yang berlokasi di Kupang, NTT.

Beternak ayam potong pada awalnya merupakan sebuah hobi atau pekerjaan sampingan. 

Pekerjaan utama pak David dulunya adalah sebagai seorang staff di Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (DELSOS) Keuskupan Agung Kupang. 

DELSOS adalah salah satu lembaga dalam gereja Katolik yang berperan penting dalam pengembangan kehidupan sosial dan ekonomi Masyarakat.  

Pekerjaan sebagai staf DELSOS mengharuskan pak David untuk turun ke lapangan menyalurkan bantuan logistik bagi yang membutuhkan. 

Dulu, beliau sering mengunjungi daerah-daerah yang terkena bencana alam bersama para Misionaris untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat. 

Setelah beberapa tahun beliau diangkat menjadi sekretaris dan sering berinteraksi dengan komputer untuk mengurus urusan administratif.

Pak David memulai bisnis ayam potong sebagai usaha sampingan untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. Kandang pertama dibangun pada tahun 1995 di samping rumah dengan kapasitas 400 ekor.

Dalam artikel ini akan diceritakan tentang sejarah, rutinitas di peternakan, pengalaman, serta yang paling penting laptop versi terbaik menurut tukang catat yang bisa direkomendasikan untuk pak David. 

Semua aktivitas dalam peternakan ayam pedaging akan dijelaskan secara runut oleh tukang catat berdasarkan penuturan pak David. 


Sejarah Singkat UD. Kumuik

UD. Kumuik didirikan pada pada tahun 1995 dengan populasi awal sebanyak 400 ekor dengan menggunakan sistem kandang lantai. 

Pada tahun 1998 sampai tahun 2009 populasi ayam di peternakan ini bertambah menjadi 6000 ekor dan masih menggunakan sistem kandang lantai.

Pada tahun 2010 lokasi peternakan berpindah dan bertambah sebanyak 7 unit menggunakan arsitektur kandang panggung. 

Kandang yang baru dapat menampung hingga 22.000 hingga 25.000 ekor ayam. Luas lahan yang dimiliki Bapak David adalah sekitar 1500 m2 yang berisi 6 kandang ayam, 3 unit gudang pakan, 2 unit kandang babi, 1 unit kolam lele, dan 2 unit kandang sapi.

Rutinitas di Peternakan 

Peternakan ini juga memiliki beberapa rutinitas utama seperti halnya di peternakan lain. Rutinitas tersebut antara lain :

Persiapan Kandang

Kebersihan kandang dan peralatan adalah aspek mutlak yang harus diperhatikan baik-baik. 

Sebelum sampai proses pemeliharaan, kandang harus disterilisasi terlebih dahulu. Jika tahap ini diabaikan, maka bibit penyakit dan virus dapat berkembang biak dan mengganggu pertumbuhan ayam broiler bahkan menyebabkan kematian. 

Persiapan kandang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu :

Pembersihan Kandang & Peralatan 

Proses pembersihan kandang dimulai dengan menyikat feses yang lengket di bilah bambu kandang dan disemprot dengan menggunakan mesin kompresor sampai benar-benar bersih. Setelah itu dibiarkan mengering selama 3 hari.

Tahap selanjutnya adalah membersihkan kolong kandang panggung dengan mengumpulkan feses ternak ayam dan dimasukkan ke dalam karung menggunakan sekop. 

Feses ayam yang sudah dikumpulkan dalam karung dapat berfungsi sebagai pupuk organik dan dijual. 

Setelah selesai kandang akan dibersihkan dengan menggunakan bahan-bahan antara lain : air, formades, antisep, rodalon, dan minyak tanah. 

Bahan-bahan tersebut dicampur dan disiramkan di seluruh bagian kandang secara merata sehingga diharapkan dapat membunuh virus dan bibit penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan ternak ayam.  

Peralatan kandang seperti tempat makan dan minum juga dicuci agar bersih dan bebas penyakit. 

Pemasangan Perlengkapan Kandang

Setelah kandang sudah bersih perlengkapan kandang akan mulai dipasang. Perlengkapan kandang terdiri dari :

  1. Tirai kandang : terbuat dari bahan terpal dan berfungsi untuk menjaga suhu dan kelembaban kandang.
  2. Alas kandang (litter) : berfungsi untuk mengurangi bau tak sedap dari kotoran ayam yang jatuh di kolong kandang. Peternakan ini menggunakan sekam padi dengan ketebalan sebesar 6-8 cm. 
  3. Sekat (Chick Guard Brooder) : berfungsi untuk membantu pemanas agar tetap fokus pada area sekat dan tidak menyebar pada seluruh kandang. Sekat yang digunakan pada peternakan ini berbentuk persegi dengan ukuran 8 m X 4 m dan tinggi 60 cm. Kapasitas tampung tiap sekat adalah 1300 ekor. Jumlah tersebut akan disesuaikan saat ayam sudah mulai berukuran besar.
  4. Tempat pakan dan minum : pemasangan disesuaikan dengan umur ayam. Semakin besar umur ternak semakin banyak juga tempat pakan dan tempat minum yang digunakan. 
  5. Lampu : berfungsi sebagai penerang. Peternakan ini menggunakan bola lampu sebanyak 7 buah @15 watt dan dipasang di setiap kotak. 
  6. Pemanas : berupa kompor minyak tanah yang digunakan selama DOC masih berumur 1 - 10 hari. Pemanas diletakkan di tengah-tengah brooding agar semua ayam broiler tidak kedinginan. 


Pemeliharaan

Pemeliharaan fase starter

 Pemeliharaan ayam pada fase ini merupakan pemeliharaan awal dari kegiatan pemeliharaan ternak ayam broiler (umur 1 - 21 hari). 

Kegiatan ini membutuhkan penanganan serius terutama pada DOC (Day Old Chick) yang berumur 1 sampai 7 hari karena organ penting dalam tubuh ayam belum berfungsi secara optimal.

Kegiatan dimulai dengan persiapan sebelum DOC tiba yaitu pembuatan brooding, persiapan tempat pakan dan minum, serta pembuatan larutan jahe gula untuk menggantikan energi yang hilang selama perjalanan. 

Larutan jahe juga dapat memperlancar organ pencernaan dan pernapasan serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. 

Saat DOC sudah tiba di kandang, para pegawai akan mengangkat box DOC dari dalam mobil untuk dibawa ke dalam kandang. 

Setelah itu box akan dibuka dan DOC akan dihitung sambil dipindahkan ke dalam brooding. Biasanya satu box akan berisi 100 ekor DOC. 

Pemberian pakan pada ayam broiler di fase starter dilakukan setiap saat ketika pakan pada tempat pakan habis. 

Pada fase starter pakan yang diberikan adalah pakan merk CP511 yang biasanya diberikan pada ayam broiler usia 1-21 hari. Pakan CP511 dari Pokphand memiliki kandungan yang meliputi protein kasar 21 - 23%, lemak 5-8%, serat kasar 3-5% hingga abu 4-7%. 

Selain pemberian pakan dilakukan juga pemberian air minum dan vitamin. Pemberian air minum dilakukan secara manual. 

Air minum harus selalu tersedia di tempat minum sehingga ternak ayam broiler tidak mengalami kekurangan air. Pada faktanya, ayam mengonsumsi air 2 kali lipat lebih besar dari pakan. 

Air minum berfungsi sebagai pelarut dan alat transportasi zat-zat makanan yang disebarkan ke seluruh tubuh. 

Sedangkan pemberian vitamin dilakukan setelah DOC mengkonsumsi air gula jahe untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

Vitamin merk Vita Chicks dengan kandungan antibiotik growth promotor dengan dosis 500 gram dicampur dengan 60 liter air.

Pemeliharaan fase finisher

Pemeliharaan fase finisher dilakukan pada ayam yang sudah berumur 22 - 35 hari dan siap panen. 

Pada fase ini hal yang harus diperhatikan adalah pemberian pakan, pemberian air minum, dan pencegahan penyakit. 

Pemberian pakan dilakukan sebanyak 2 kali sehari, dimana semakin besar ternak ayam semakin banyak juga pakan yang dibutuhkan. Merek pakan yang digunakan pada fase ini adalah pakan komplit SB11. 

Pemberian air minum menggunakan galon ukuran 5 liter sebanyak 160 buah yang dibagi persekat 8 buah sebanyak 20 sekat. Pemberian air minum dilakukan setiap pagi dan sore hari. 

Sedangkan pemberian vitamin dilakukan pada sore hari dan dicampur pada air minum. 

Proses pemberian air minum dicampur dengan vitamin merek Neobro dengan takaran 500 gram neobro untuk 60 liter air minum. 

Neobro merupakan serbuk larut air yang mengandung multivitamin dan asam amino yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan, mengurangi angka kematian, dan meningkatkan efisiensi penggunaan ransum. 

Pencegahan & Pengobatan Penyakit

Arsitektur kandang

Arsitektur kandang yang digunakan pada peternakan Bapak David adalah kandang panggung. 

Ukuran kandang mencapai 50 m, lebar 10 m, dan tinggi 30 m dengan kapasitas tampung ayam sebesar 6000 ekor. 

Bahan bangunan utama yang digunakan untuk pembuatan kandang adalah kayu dan bambu. 

Sanitasi

 Sanitasi kandang dilakukan secara rutin dan meliputi kegiatan pembersihan kandang dan lingkungan sekitar. 

Pembersihan kandang dilakukan dengan membersihkan kotoran ayam dengan menggunakan air dan kompresor. 

Air dicampur dengan bahan-bahan lain seperti air, formades, antisep, rodalon, dan minyak tanah. 

Bahan-bahan tersebut dicampur dan disiramkan di seluruh bagian kandang secara merata sehingga diharapkan dapat membunuh virus dan bibit penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan ternak ayam.

Sedangkan kegiatan pembersihan lingkungan sekitar dilakukan dengan cara membersihkan rumput-rumput liar agar tidak terlalu lebat dan menjadi sarang predator seperti ular. 

Menurut Bapak David, dulu sudah banyak kejadian dimana ada ular yang menyusup masuk ke dalam kandang dan memangsa ayam broiler. 

Pemberian vaksin ND

 Penyakit Newcastle Disease (ND) adalah penyakit pernapasan yang paling sering menyerang unggas. 

Penyakit ini disebabkan oleh yang tergolong genus Avian Paramyxovirus dan famili Paramyxoviridae. 

Ayam sehat dapat tertular Newcastle disease melalui udara dan melalui pakan atau air minum yang tercemar.

Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin ND. Di peternakan ini pemberian vaksin dilakukan melalui air minum. Sebelum diberikan vaksin, ayam broiler dipuasakan selama 2 jam. 

Bahan yang digunakan bernama medivac ND la sota yang dilarutkan ke dalam air dengan takaran 40 liter air per 100 gram obat. 

Penjualan 

Ayam broiler siap dijual ketika sudah berumur 35 hari dengan berat 2 kiloan lebih. Harga jual per kilogram adalah Rp32.000 dan harga per ekor adalah 70.000.

Perkembangan UD. Kumuik

Dalam membangun usaha ini terdapat berbagai macam tantangan yang harus dihadapi yaitu tingkat mortalitas yang tinggi, kegagalan strategi pemasaran, dan serangan virus penyakit. 

Ada juga tantangan dari luar berupa bencana alam dan serangan binatang liar seperti ular dan tikus.

Akhir-akhir ini usaha ayam broiler menjadi topik ekonomi nasional karena banyak pengusaha yang mengalami kebangkrutan. 

Hal ini disebabkan oleh pasar dikuasai oleh produk daging beku yang diproduksi oleh perusahaan besar.

Selain sebagai unit bisnis yang berfungsi sebagai mata pencaharian utama keluarga pak David, UD. Kumuik memiliki fungsi lain. 

Fungsi sosial untuk menyediakan lapangan pekerjaan dan sebagai tempat pendidikan bagi mahasiswa/i yang sedang mencari tempat magang dan praktek. 

UD. Kumuik juga pernah menjadi tempat penelitian dan pengambilan sampel bagi para peneliti dengan topik-topik tertentu. 

Peternakan ini pernah menjadi tempat penelitian bagi para mahasiswa dan dosen yang ingin menulis karya ilmiah. 

Kajian penelitiannya juga beragam, mulai dari tentang peternakan hingga ekonomi dan bisnis.

Salah satu prinsip yang dipegang teguh oleh Bapak David adalah jangan pernah berhenti belajar. 

Usia bukanlah halangan untuk terus meningkatkan kualitas diri dan terus berkarya. 

Perkembangan di dunia bioteknologi peternakan khususnya dalam peningkatan kualitas pangan terus berjalan. 

Bapak David sebagai seorang pelaku usaha di bidang peternakan hendaknya harus selalu update dengan ilmu dan teknik terbaru yang dapat diterapkan pada aktivitas harian di kandang.

Lahan sekitar kandang masih luas dan bisa dipergunakan untuk berbagai hal seperti memelihara hewan lain. 

Beliau selalu belajar tentang cara beternak ayam petelur hingga budidaya ikan lele.

Salah satu cita-cita yang belum tercapai hingga saat ini adalah beliau ingin memiliki satu channel youtube sebagai media sharing. 

Beliau selalu ingin terlibat dalam membagikan pengalaman dan pengetahuan kepada para calon peternak yang ingin belajar. 

Cita-cita ini sejalan dengan keinginan beliau agar usahanya juga memiliki fungsi sosial yakni sebagai tempat belajar. 

Dengan demikian akan ada lebih banyak orang yang nanti bisa belajar dari pengalaman beliau tentang peternakan.

Inovasi ASUS Untuk Peternakan Kumuik

Perjalanan pak David sampai sejauh ini tidak membuat beliau berpuas diri. Masih banyak hal yang ingin dicapai dan ilmu yang ingin dipelajari. 

Dulu, dengan alasan kesehatan beliau memilih resign karena tidak terlalu nyaman menatap layar komputer. 

Meski demikian, sekarang beliau sadar bahwa keberadaan teknologi tidak bisa diabaikan selama penggunanya belum buta atau pantangan lainnya.

“Bahkan untuk orang buta saja bisa main media sosial,” ucap beliau kagum karena pernah membaca berita tentang teknologi braille dan kecerdasan buatan.

Oleh karena itu, beliau merasa tidak mau kalah. Banyak hal yang bisa dipelajari jika kita bersahabat dengan teknologi.

Pasti dalam benak kalian muncul pertanyaan “Lah, peternak ayam pakai laptop memangnya mau ngapain? Bukannya tidak perlu laptop?” 

Eitss, berhenti berpikiran seperti itu. Laptop ASUS yang akan direkomendasikan tukang catat ini merupakan versi terbaik yang cocok untuk membantu pak David.

Desain layar ganda untuk meningkatkan produktivitas


ASUS Zenbook Duo (UX8406) adalah laptop layar ganda yang berhasil mencuri perhatian para pengguna di seluruh dunia. 

Desain layar ganda serbaguna dengan spesifikasi yang sama memungkinkan pengguna meningkatkan produktivitas. 

Keberadaan layar ganda pada ASUS Zenbook Duo (UX8406) membuat pak David dapat menggunakan laptop ini dalam 5 mode kerja yaitu:


Dual screen mode (dengan bluetooth keyboard)

Salah satu fitur penting pada laptop ASUS ZenBook Duo (UX8406) adalah detachable keyboard dan build-in kickstand. 

Terdapat penyangga bawaan yang membuat sudut pandang pengguna terhadap layar laptop menjadi 40°-70°.

Dual screen mode (virtual keyboard)

Pengguna juga bisa menggunakan kedua layarnya dimana layar bagian bawah dapat menjadi virtual keyboard.

Sharing mode

Layar laptop dapat diputar sebanyak 180° untuk mode presentasi. Bisa jadi metode baru yang menyenangkan kalau pak David ingin membagikan sketsa insight tentang desain kandang ayam yang baru.

Laptop mode

Koneksi pogo pin dengan magnet memudahkan keyboard dilepas pasang tanpa perlu koneksi USB.

Desktop mode

Letakkan laptop secara vertikal untuk mendapatkan bidang pandang yang lebih luas seperti memakai desktop komputer.

5 mode kerja diatas akan sangat membantu pak David meningkatkan produktivitas dan menggapai cita-cita menjadi youtuber tanpa harus mengkhawatirkan sakit pinggang yang sangat mengganggu.

Jangan dikira laptop ini akan berat karena pada kenyataannya tebal body laptop ASUS ZenBook Duo (UX8406) hanya 14,6 mm dengan berat 1,35 kg. 

Dengan berat sekian kecil dijamin mobilitas pak David tidak terhambat. Mau kerja sambil pantau kandang ayam di basecamp juga bisa.


Peduli kesehatan mata User dengan ASUS Lumina OLED

Ternyata layar ganda laptop ASUS ZenBook Duo dilengkapi dengan teknologi keren dan mumpuni. 

Layar sentuh ganda 16:10 berukuran 14 inchi resolusi 3K (2880 x 1800) dengan rasio layar 91% untuk memperluas bidang pandang dan tingkat kecerahan hingga 500 nits. 

Teknologi ASUS Lumina OLED menghadirkan pengalaman lebih untuk akurasi warna dan detail yang luar biasa. 

Selain itu, kemampuan adaptasi visual sesuai kebutuhan pengguna dan juga hemat daya. 

Dan yang paling penting, teknologi ini memastikan perlindungan pada mata pengguna. 

Layar laptop ASUS ZenBook Duo (UX8406) memancarkan 70% lebih sedikit blue-light. Mata jadi tidak cepat lelah dan kualitas tidur tetap terjaga.

Pak David resign dari pekerjaan sebelumnya karena ketidaknyamanan beliau mengoperasikan komputer tabung setelah operasi katarak. 

Namun, seiring berjalannya waktu kebutuhan akan gadget seperti laptop dan HP tidak bisa dihindari.

Sebagai seorang yang sudah sembuh dari katarak lewat operasi, mendapatkan laptop dengan spesifikasi seperti ini merupakan sebuah berkah.


Performa OK, Siap Kolaborasi Dengan AI


AI sudah mulai menjadi bagian dari aktivitas manusia zaman ini. Perlu diketahui dalam sebuah sistem kontrol sebuah device khususnya laptop terdapat 3 unit penting yaitu:

CPU (Central Processing Unit) berfungsi melaksanakan instruksi dari sistem maupun aplikasi.

GPU (Graphic Processing Unit) berfungsi untuk menangani pembentukan grafis pada perangkat. 

Laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) dilengkapi dengan GPU Intel® Arc™ untuk kemampuan pembuatan konten 1,75 kali lebih cepat dibanding yang lain.

NPU (Neural processing Unit) berfungsi untuk memproses kemampuan sistem Artificial Intelligence (AI). 

Dengan Intel® AI Boost pada Laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) akan terjadi peningkatan produktivitas melalui asisten AI lokal, kualitas pengeditan video yang tinggi, dan penghematan masa pakai baterai hingga 1,57 kali.

“Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur Copilot untuk dukungan AI. Copilot di Windows 11 melengkapi keahlian dan kreativitas Anda dengan bantuan kecerdasan serta jawaban relevan. 

Selain itu, sudah dilengkapi Office Pre-Installed, agar Anda bisa nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya.”

Dukungan prosesor AI ready akan mempercepat proses editing video dan rendering, memungkinkan Pak David untuk menghasilkan konten dengan kualitas tinggi dalam waktu yang lebih singkat.

Selain itu, laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) dilengkapi spesifikasi SSD hingga 2TB, RAM hingga 32GB, dan Wifi 6E yang akan memberikan kinerja yang sangat baik untuk pengeditan video YouTube.

SSD 2TB memberikan ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file video yang besar dan proyek pengeditan yang kompleks.

Sedangkan RAM 32GB memastikan laptop memiliki kinerja yang lancar saat menjalankan aplikasi pengeditan video yang menangani ratusan frame.

Yang terakhir Wifi 6E yang merupakan standar wifi terbaru dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan koneksi yang stabil.


Baterai Tahan Lama dan Fitur Fast-Charge


Meskipun kinerja laptop dua layar membutuhkan asupan energi yang lumayan, pak David tidak perlu khawatir. 

Baterai tahan lama dan fitur fast charge akan memastikan bahwa laptop dapat digunakan sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya.

Laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) dilengkapi dengan baterai 75Wh yang tahan hingga 13 jam. 

Saat dicharge pun tidak perlu menghabiskan waktu lama karena fitur fast charge memastikan 60% baterai terisi dalam waktu 49 menit.

Tidak seperti baterai laptop lain yang cepat rusak seiring waktu pemakaian, baterai laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) memiliki masa pakai lebih lama. 

Baterainya lebih ramah lingkungan dan siklus pemakaian daya 20% lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Jika laptop ini dipakai kerja di basecamp kandang ayam, maka permasalahan baterai tidak terlalu mengkhawatirkan. 


Sistem Pendingin Canggih Biar Tidak Ambyar

Memadukan dua layar dan sistem berbasis AI dalam sebuah laptop bukan perkara mudah. 

Sistem pendingin harus sangat diperhatikan agar 3 inti prosesor dapat bekerja dengan maksimal.

Sama seperti ayam di kandang yang jika suhu lingkungan terlalu panas. Suhu lingkungan yang tinggi akan (> 32°C) akan mengakibatkan pelebaran ( dilatasi ) pembuluh darah ayam secara signifikan. 

Kondisi ini jelas akan mengakibatkan turunnya tekanan darah ayam dan kerja jantung akan semakin berat.

Oleh karena itu, laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) dilengkapi dengan sistem pendingin canggih yang memungkinkan CPU dan GPU bekerja tanpa batas. 

Penyebar panas diletakkan diantara motherboard dan panel OLED agar komponen penting dapat bekerja pada ukuran daya maksimum (TDP) hingga 35W.


Lulus Pengujian Berstandar Militer


“Memangnya laptop ini akan dipakai berperang?” 

Eitss, jangan salah sangka dengan tes ini. Pernah ada satu kasus seperti berikut ini: ada dua orang sedang naik motor dan pengemudi motor memakai backpack berisi laptop yang otomatis berada ditengah. 

Ditengah jalan kendaraan di depan mereka berhenti mendadak dan penumpang tidak sengaja menekan backpack tersebut akibat terkejut. Untungnya tidak ada yang terluka dan perjalanan dilanjutkan.

Setelah sampai ditempat tujuan, mereka akan lanjut kerja menggunakan laptop. Saat dinyalakan ternyata layar laptop tersebut error dan tidak menampilkan gambar apapun.

Dari satu contoh kasus diatas, sebenarnya jika laptop sudah lulus tes ketahanan seperti military grade maka kerusakan dapat diminimalisir bahkan ditiadakan.

Apresiasi buat ASUS yang sudah memikirkan kondisi konsumen dan membuat produk-produk yang memenuhi standari militer.

Termasuk juga laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) yang sudah memenuhi standar militer MIL-STD 810H yang sangat menuntut dalam hal keandalan dan daya tahan. 

Laptop ASUS sudah melewati serangkaian pengujian yang berat untuk digunakan di lingkungan yang keras.

Penutup

"Jangan pernah berhenti belajar karena hidup tidak pernah berhenti mengajarkan hal-hal baru."

Sama seperti ASUS yang tidak pernah berhenti mencari dan berinovasi, keteguhan pak David juga mengajarkan hal serupa.

Laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) akan menjadi tools yang sangat berguna bagi pak David dalam mencapai cita-cita. 

Ketekunan dan semangat belajar tanpa memandang umur menjadi contoh bagi generasi muda yang unggul dalam waktu dan tenaga.

Jangan putus asa, dan terus berinovasi.***







Posting Komentar

23 Komentar

  1. Paling suka dengan laptop ini, selain spesifikasinya adalah kemampuannya digunakan bekerja dalam beberapa mode. Ini membuat kita tidak jenuh dan bis amengatur sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  2. Anither wishlisted gadget yang belum tercapai. Moga2 tahun ini bisa beli. Aamiin

    BalasHapus
  3. Penting banget nih, nikmati proses inovasi dan belajar. Jadi semangat terus untuk terus berkembang dan maju.

    BalasHapus
  4. Tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi akan menjadi bagian penting kehidupan manusia. Maka semua profesi pada akhirnya akan berkaitan erat dengan teknologi itu. Asus terus berinovasi untuk mengakomodir segala bantuan yang dibutuhkan manusia.

    BalasHapus
  5. Berkembang dan terus maju dengan Laptop ASUS Zenbook Duo itu hal yang penting. Inovasinya memang terbilang masif nih Asus. Kita juga harus meniru kreativitas dan inovasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Makin kreatif dengan laptop Asus spek garang ini. Produktivitas dan kreatifitas bisa makin jos.

      Hapus
  6. Laptop bisa bermanfaat banget buat peternak broiler. Buat nyatat keuangan, inventaris barang, rekam performa kandang dari periode ke periode, membuat laporan panen/performa untuk inti (jika ikut kemitraan), dan buat mengakses data smart system berbasis IoT (kalau menggunakan).

    BalasHapus
  7. ASUS memiliki banyak pilihan laptop dengan variasi harga yang bisa dipilih sesuai budget dan kebutuhan yaa. Keren.

    BalasHapus
  8. Keren sih teknologinya. Bisa jadi 3 bagian gitu. Cocok banget buat pekerja multitasking.

    BalasHapus
  9. Duh mupeng banget sama ASUS Zenbook DUO ini
    Sangat mendukung kegiatan yang multitasking ya
    Termasuk dalam mengembangkan peternakan

    BalasHapus
  10. Banyak banget sekali yang mengulas laptop Asus ini, namun memang produk Asus yang terbaru ini sangatlah mumpung digunakan untuk keperluan pekerjaan bahkan sudah lolos uji militer pula

    BalasHapus
  11. Senang banget saat bisa berproses dan gunakan produk-produk inovatif gini. Bayangin juga punya ASUS Zenbook DUO ya pasti makin banyak karya yang dihasilkan deh.

    BalasHapus
  12. Untuk menggapai suatu yang berharga, kita memang tak mudah melaluinya ya. Perlu banget melalui proses, belajar, kadang eror dan lain sebagainya. Dalam bidang apapun itu.

    Btw, laptop ASUS Zenbook DUO ini mengajarkan ke kita biar terus berinovasi agar makin keren dan cakep. Laptop impian banget sih ini..

    BalasHapus
  13. Wah, saya baru tahu kalau Asus Zenbook DUO ini ramah di mata. Berarti tidak bakal cepat mengantuk ya kalau kerja pakai ini?

    BalasHapus
  14. Suka sama Asus Zenbook duo kali ini, double screennya memudahkan banget kalau ikut kelas sekaligus praktek. Keren ya kak, usaha ayam UD. Kumuik ini

    BalasHapus
  15. Luar biasa ya semangatnya Pak David. Bahkan beliau masih mau belajar dan berbagi ilmu dan pengalamannya lewat channel YouTube yang beliau impikan, semoga Pak David bisa segera mewujudkannya dengan laptop ASUS ya.

    BalasHapus
  16. Manfaat larutan jahe sedahsyat itu ya. Daku pikir hanya buat kita aja nih.
    Semangat selalu kak, apalagi dengan perangkat yang keren ini kerjanya

    BalasHapus
  17. Aku pengen beli ini Asus ZenBook duo kayanya canggih banget semakin semangat nulis kalo punya alat pendukung canggih ini

    BalasHapus
  18. Teknologi merupakan bagian penting kehidupan kita karena banyak manfaatnya buat mendukung segala pekerjaan trmasuk Laptop ASUS Zenbook duo

    BalasHapus
  19. ASUS selalu punya inovasi di luar nalar ya, menurut saya. kepikiran gitu tim desainya bikin ASUS dengan dua layar, memudahkan pekerjaan yang biasa pakai double layar kan (seperti saya), hehe

    BalasHapus
  20. woahhh asus zenbook duo bisa untuk berbagai macam kebutuhan ya. jadi pengen banget punya. btw aku pengguna asus, pengen deh bisa upgrade ke asus zenbook duo

    BalasHapus
  21. Laptop yang satu ini memang cocok untuk semua kalangan terlebih para pebisnis yang ingin memperluas jangkauan pemasarannya. Apalagi di era digital seperti saat ini, setiap bisnis butuh alat kerja mumpuni yang bisa diajal untuk bergelut di dunia digital marketing dan digital production.

    BalasHapus
  22. Semoga laptop ASUS Zenbook Duo (UX8406) semakin mengembangkan kandang ayam UD. Kumuik Bapak David dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Senang sekali kalau ada mimpi besar yang bisa terwujud.

    BalasHapus